Arti pepatah Man Jadda Wajada

Apa arti kata Man Jadda Wajada? - Man Jadda Wajada adalah sebuah kata mutiara atau pepatah Arab yang cukup terkenal. “Man Jadda WaJada” memiliki arti “Barangsiapa bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkan hasil"

Man Jadda Wajada, inti dalam pepatah ini ialah jadda atau bersungguh-sungguh. Jadi, sejauh mana kita sudah mengaplikasikan pepatah ini ialah sejauh mana kita bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu, yang dimaksud adalah kebaikan. yang bisa bermanfaat bagi kita pribadi dan orang lain. Ikhtiar dan kesungguhan dalam melakukan suatu kebaikan, dan mengharap ridho Allah semata.

Berdoa dan bekerja keras sangat dianjurkan agar dapat mencapai hasil yang maksimal, tanpa kerja keras, tidak mungkin impian itu bisa tercapai, jangan berharap akan ada kesuksesan yang datang tiba-tiba, atau secara kebetulan. pasti semuanya melalui kerja keras dan perjuangan panjang.


Man Jadda Wajada mengajarkan kepada kita untuk bersungguh-sungguh dalam berusaha dan bersabar, karena akan selalu ada hambatan dan rintangan untuk mencapai apa yang kita inginkan, namun Allah akan selalu memberikan petunjuk untuk menyelesaikan segala masalah. Sebesar apa pun masalah kita jika kita bertawakkal kepada Allah, pasti akan diberikan jalan keluarnya. 

Man Jadda Wajada adalah sebuah kekuatan untuk diri kita dalam meraih atau mendapatkan sesuatu, kadangkala kenyataan tak sesuai harapan dan angan-angan, setiap usaha, pasti ada hambatan dan rintangan untuk menguji seseorang dari apa yang diinginkannya, ada yang bertahan sampai sukses, banyak pula yang menyerah dan akhirnya hanya kegagalan yang didapatkannya dan kemudian menganggap usahanya sia-sia, membuang-buang waktu dan biaya, timbullah penyesalan dan tentunya sebuah penyesalan tidak akan membuat perubahan apa-apa, kegagalan adalah sesuatu yang biasa dalam berusaha untuk itulah dibutuhkan kesabaran dan kemauan yang kuat untuk mewujudkannya.

Sabar, ikhlas dan niat karena Allah, serta bersungguh-sungguh dalam berusaha adalah penjabaran dari ungkapan Man Jadda Wajada, Setiap orang memiliki potensi, yang berbeda ialah sejauh mana kita menggunakan potensi tersebut. Sejauh mana kita bisa menerapkan pepatah man jadda wajada dalam kehidupan kita sehari-hari.